- Beranda
- Indexs Berita Dinas
- BRI Menyediakan Kapal Layanan Perbankan Bagi Nelayan Terpencil

18 September 2017 - 08:36:29 WIB
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) berkomitmen memberikan layanan khusus bagi nelayan-nelayan Indonesia yang berada di pulau terpencil, dengan menyediakan tiga kapal yang melayani transaksi perbankan bagi para nelayan. Penegasan ini disampaikan Direktur Utama BRI Suprajarto saat meneken kerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Gedung Mina Bahari IV Jakarta, hari ini.
Lebih lanjut Ia menjelaskan,
kerja sama tersebut sebagi bentuk tangungjawab BRI untuk ikut serta mendorong
UMKM perikanan. Tujuannya mengakselarasi pertumbuhan ekonomi nasional. Adapun
layanan simpanan yang dilengakpi kartu jaring nelayan, teras mobil serta kapal
khusus layanan perbankan. "Kami juga punya tiga kapal yang siap keliling
pulai terpencil. Kami harapkan jumlah tersebut dapat tambah lagi," terangnya
di Jakarta. Ke depannya, kapal khusus tersebut dapat bermanfaat bagi nelayan di
pulau-pulau terpencil. Pasalnya Ia mengaku, prihatin dengan kondisi para
nelayan yang belum mengenal perbankan sehingga, uangnya masih disimpan di bawah
bantal.
Selain kapal yang siap dioperasikan bagi nelayan, Ia juga mengungkapkan, bila
pihaknya juga memiliki agen brilling di semua daerah. Bahkan, akan dibuka
layanan perbankan di pelabuhan-pelabuhan perikanan. "Kami juga buka gerai
konsultasi untuk layanan kredit nelayan. Dengan dukungan 11 ribu outlet yang
online dan realtime, serta 283 channel ATM, Kami optimistis mampu membantu
nelayan untuk lebih sejahtera," papar dia.
Apalagi, menurutnya sektor perikanan masih sangat menjanjikan. Mengingat, konsumsi ikan dari tahun ke tahun terus meningkat. Data KKP mencatat, konsumsi ikan nasional naik rata-rata 8%. "Pada 2019, konsumsi ikan ditargetkan menjadi 54,5 kilogram perkapita. Ini peluang bagi BRI untuk kerja sama layanan perbankan, terutama usaha yang produktif seperti kelautan dan perikanan," pungkas dia.