FOTO KEPALA DINAS

Ir. H. Herman Mahmud, M.Si
NIP. 19630512 199303 1 006

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
Penebaran Benih Ikan Baung sebanyak 112.286 Ekor di Sungai Kuantan Desa Lubuk Terentang Kabupaten Kuansing
Ditulis oleh : Admin Tangkap - Bidang : Bidang Perikanan Tangkap

24 Juni 2021 - 08:07:36 WIB

Pekanbaru, 24 Juni 2021 - Perairan umum mempunyai posisi yang strategis dan berfungsi multi guna, selain dimanfaatkan sektor perikanan, juga dimanfaatkan oleh sektor perindustrian, pariwisata, perhubungan, pemukiman dan sebagainya. Perairan umum terdiri dari danau, waduk, rawa, lebak, sungai serta genangan lainnya, merupakan salah satu sumberdaya perairan yang potensial untuk lebih dikembangkan dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi manusia, khususnya kebutuhan protein hewani dari ikan.

Pengelolaan perairan umum sebagai salah satu upaya kegiatan perikanan dalam memanfaatkan sumberdaya secara berkesinambungan perlu dilakukan secara bijaksana. Diantara permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan sumber daya ikan di perairan umum daratan diantaranya :

1.  Pencemaran yang di akibatkan aktivitas perkebunan, pertanian, limbah rumah tangga dan industri.

2.  Over Fishing, dikarenakan kebutuhan akan ikan yang meningkat, perbandingan populasi nelayan dengan luas perairan semakin tak seimbang dan penggunaan alat tangkap ikan yang illegal seperti tuba, racun dan listrik.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahn tersebut diatas adalah dengan melakukan restocking ke perairan umum. Restocking adalah salah satu upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan diperairan umum, pada perairan umum yang dianggap telah mengalami krisis akibat Penangkapan Ikan atau tingkat pemanfaatan secara berlebihan.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah :   

1. Untuk meningkatan stok populasi ikan di perairan umum daratan.

2. Untuk meningkatan produksi ikan di perairan umum daratan.

3. Mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.

Penebaran Benih Ikan (Restocking) tahun 2021 dilaksanakan pada tanggal  22 Juni 2021. Jenis ikan yang ditebar adalah ikan baung, jumlah ikan baung yang ditebar sebanyak 112.286 Ekor di Sungai Kuantan Desa Lubuk Terentang Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang website tampilan ini??
Sangat Bagus
Bagus
Cukup
Jelek
Sangat Jelek

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
AGENDA KEPALA DINAS