FOTO KEPALA DINAS

Ir. H. Herman Mahmud, M.Si
NIP. 19630512 199303 1 006

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Riau Lakukan Validasi Satu Data Kelautan Dan Perikanan Semester II Tahun 2020
Ditulis oleh : Admin - Bidang : Sekretariat

16 Maret 2021 - 16:27:09 WIB

Pekanbaru - 16 Maret 2021, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau menyelenggarakan kegiatan Validasi Tingkat Provinsi Data Statistik Kelautan dan Perikanan Semester II Tahun 2020. Kegiatan Validasi data ini akan dilaksanakan selama 3 hari dan bertempat di Ruang Patin Lt.2 Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Jalan Patimura Nomor 6 Pekanbaru, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan kebiasaan normal baru di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Fajriyani, SE, M.Si dan diikuti oleh Validator Satu Data KKP Tingkat Provinsi dan Validator Tingkat Kabupaten/kota se- Provinsi Riau secara virtual, serta menghadirkan narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau sebagai Pembina satu data nasional.

Kegiatan Validasi ini digelar sebagai wujud dukungan dan partisipasi daerah untuk mendukung kebijakan nasional SATU DATA INDONESIA sebagai salah satu upaya dalam peningkatan kualitas data, penyatuan data, dan pembukaan akses data bagi masyarakat luas. Keterbukaan informasi publik yang juga menjadi tuntutan zaman yang harus disikapi dan diantisipasi dengan menyediakan data serta informasi yang akurat.

Dalam sambutannya Fajriyani menyampaikan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan sebagai agenda tahunan rutin untuk melakukan kompilasi dan validasi data produksi kelautan dan perikanan sekaligus sebagai cara dalam mengukur kinerja daerah khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi bersama dengan Dinas Kabupaten/Kota sejauh mana implementasi dan aplikasi program dan kegiatan yang telah dirancang, juga sebagai salah satu upaya dalam melakukan Monitoring dan evaluasi terhadap program dan kegiatan yang telah kita lakukan, apakah telah mencapai sasaran atau tidak terhadap target peningkatan produksi yang menjadi sasaran pembangunan kelautan dan perikanan.

Lebih lanjut Fajriyani menyampaikan terkait dengan peningkatan produksi sektor kelautan dan perikanan merupakan  bagian penting dalam mendukung pencapaian misi Provinisi Riau 2019-2024 yang tertuang dalam Misi Ketiga, Yaitu Pembangunan Ekonomi yang Inklusif, Mandiri dan Berdaya Saing, dimana kontribusi sektor perikanan terhadap PDRB dapat diukur melalui data produksi dan nilai produksi kelautan dan perikanan yang merupakan variabel penghitungan PDRB tersebut.

Selain itu hasil validasi ini juga akan menjadi salah satu indikator pengukuran kinerja kita terhadap indikator kinerja yang telah diamanahkan oleh KKP RI kepada daerah kita, sejauh mana memberikan kontribusi terhadap pembangunan sektor kelautan dan perikanan secara nasional, ucap Fajriyani.

Kegiatan ini dapat dilaksanakan lebih produktif sehingga dapat dihasilkan output sesuai dengan yang direncanakan, dan hasilnya dapat dijadikan rumusan dan dasar perencanaan serta pengembangan statistik perikanan kelautan dan perikanan selanjutnya, tandasnya.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang website tampilan ini??
Sangat Bagus
Bagus
Cukup
Jelek
Sangat Jelek

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
AGENDA KEPALA DINAS